Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS BUMDES/BUMDESMA / REVIEW TIM USAHA DESA

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bumdes/Bumdesma / Review Tim Usaha Desa dilaksanakan dari hari Senin tanggal 22 Maret 2021 bertempat di Desa Lesabela, hari Selasa tanggal 23 Maret 2021 bertempat di Kantor Desa Jesape dan pada ahri Rabu tanggal 23 Maret 2021 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Bengkayang. hadir dalam kegiatan pelatihan ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal Kabupaten Bengkayang, Bumdesma Ledo Jaya, Bumdes Lesabela, Bumdes Jesape, Bumdes Tebuah Marong, Bumdes Serangkat.(24/03/2021).

Arahan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkayang DR.YAN,S.Sos.,M.Si “penyamaan persepsi dari pelatihan ini merupakan proses bagi bapak.ibu Bumdes/Bumdesma dalam mengikuti pelatihan ini semoga ibu/bapak memahami dan mengerti agar Bumdesma menjadi lebih baik dimasa mendatang dalam menghadapi PLBN yang akan datang agar dapat ikut serta menjual produk yang kreatif dan inovatif. dan kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oelh Bumdes/Bumdesma”

Narasumber Bapak Edy Risdianto yang merupakan CEO Tim Usaha Desa memberikan Rekomendasi dari Pelatihan ini diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Membangun komunikasi dan komitmen bersama antara Pengurus Bumdes/Bumdesma, BKAD dan Pemerintah Desa untuk menyamakan visi dan tujuan dibentuknya Bumdes/Bumdesma adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan Pendapatan Asli Desa
  2. Membangun kesadaran bersama bahwa Bumdes/Bumdesma adalah anak kandung Pemerintah Desa, sehingga Pemerintah desa mempunyai kewajiban untuk mendampingi, mendidik, mengarahkan dan mendukung upaya-upaya yang dilakukan Bumdes/Bumdesma.
  3. Kemampuan terbesar untuk tumbuh dan berkembang ada pada kekuatan internal (pengurus,BKAD, Pemdes), sehingga perlu dilakukan optimalisasi peran dan pembagian tugas.

Sedangkan dalam penilaian Sumber Daya (Resource Assesment) : Pengurus Bumdes/Bumdesma dan BKAD sebenarnya sudah bisa memetakan permasalahan yang ada, hal yang harus dilakukan dan tidak dilakukan serta komitmen untuk memulai
menjalankan usaha Bumdes/bumdesma, Perlunya pengurus Bumdes/Bumdesma menyusun rencana kerja berbasis target dan waktu (Goal Setting by Timeline),dan Perlunya terus bersemangat dalam meningkatkan kapasitas dan pemahaman untuk membangun usaha sosial (Social Enterprise) Bumdes/bumdesma.

Implementasi yang diperlukan adalah : Membangun Komitmen dan Pakta Integritas Pengurus BUMDes/BUMDesma, Membangun komunikasi, Sinergi dan Kolaborasi Tiga Pilar (Pengurus, BKAD, Pemdes),Menyusun Goal Setting by Timeline,Fokus memulai dan menjalankan usaha,Monitoring dan Evaluasi (Plan Do Check Action). (admin/itsnty)

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *