Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

FORUM KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD KABUPATEN BENGKAYANG TAHUN 2022

Konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2022 diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Satu Atap pada hari Senin tanggal 22 Februari 2021, acara dibuka oleh Pj. Bupati Bengkayang  YOHANES BUDIMAN,S.Sos.,M.Si dengan dihadiri oleh Bupati Terpilih Sebastianus Darwis,SE,MM, Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang Fransiskus,M.Pd , Wakil Ketua DPRD Jonedhi,S.Pi , Kepala OPD se Kabupaten Bengkayang, Kepala BPS Kabupaten Bengkayang,Direktur PDAM Kabupaten Bengkayang, Direktur Bank Kalbar Cabang Bengkayang,Institut Shanti Buana, Forum Anak Bumi Sebalo, Wahana Visi Indonesia. (22/02/2021).

Kegiatan forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2022 ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian Dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, Dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. dimana masukan dan perbaikan dalam forum ini akan masuk dalam Berita Acara hasil forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Bengkayang Tahun 2022, yang merupakan tahapan perencanaan sebelum dimulainya Musrenbang Tingkat Kecamatan dan Kabupaten. Dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Ini, Nantinya Akan Digambarkan Kondisi Capaian Atas Indikator Makro Pembangunan Kabupaten Bengkayang Tahun Sebelumnya, Sasaran Dan Prioritas Pembangunan Yang Harus Dicapai Oleh Pemerintah Daerah Ditahun 2022. Berkenaan Dengan Hal Tersebut Tentunya Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Ini Merupakan Momen Yang Sangat Penting Karena Apa Yang Akan Digambarkan Didalam Paparan Nantinya Akan Dijadikan Pedoman Dan Arah Bagi Setiap OPD Dan Termasuk Juga Oleh Pemerintah Desa Dalam Menyusun Rancangan Rencana Kerjanya Yang Tertuang Didalam Program, Kegiatan Dan Sub Kegiatan Sesuai Dengan Tupoksi Masing-Masing. Oleh Karenanya, Setiap OPD Dapat Melihat Sasaran Dan Target Dari Indikator Kinerja Pemerintah Daerah Yang Ada Secara Cermat Sehingga Program, Kegiatan Dan Sub Kegiatan Yang Akan Dirancang Dapat Terarah Dan Mendukung Dalam Pencapaian Target Indikator Kinerja Tersebut dan bagaimana peran serta masyarakat dalam mendukung Pembangunan di Kabupaten Bengkayang.

Melalui Forum Konsultasi Publik Ini Diharapkan Dapat Di Inventarisir Dan Dirumuskan Permasalahan- Permasalahan Pembangunan Sekaligus Alternatif-Alternatif Pemecahannya, Yang Wujud Konkritnya Berupa Program, Kegiatan Dan Subkegiatan Yang Mampu Mengoptimalkan Pemanfaatan Potensi Dan Menjawab Permasalahan Mendesak Di Tahun 2022. Untuk Bidang Urusan Strategis Seperti Infrastruktur, Peningkatan Kualitas SDM Yang Berdaya Saing, Peningkatan Integrasi Perekonomian Berbasis Kawasan, Serta Peran Serta Masyarakat Dalam Pembangunan Sesuai Daya Dukung Dan Daya Tampung Lingkungan Hidup, Seni Dan Budaya Dan Jaminan Sosial Serta Peningkatan Pelayanan Publik Dan Kualitas Tata Kelola Pemerintah, Perlu Mendapat Prioritas Dengan Tetap Didukung Oleh Sektor-Sektor Lainnya.

Acara dilanjutkan dengan Pemaparan Kepala Bappeda Kabupaten Bengkayang DR.YAN,S.Sos.,M.Si dengan tema Pembangunan Tahun 2022 “Penguatan Tatakelola Pemerintahan Yang Baik Dalam Mewujudkan Pembangunan SDM Dan Infrastruktur Dasar Yang Berkualitas” dengan berdasarkan Visi Bupati Terpilih : “KABUPATEN BENGKAYANG MAJU, MANDIRI, SEJAHTERA dan BERDAYA SAING DITOPANG PEMERINTAHAN YANG BERSIH DAN TERBUKA” dengan slogan “SDM UNGGUL, BENGKAYANG MANTAP (Maju, Adil, Nasionalis, Terdepan, Amanah, Perduli)” yang kemudian terbagi dalam 5 misi diantaranya :

  1. Mewujudkan Kualitas Sumber Daya Manusia yang sehat, Cerdas dan Religius.
  2. mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, peduli, bersih, terbuka, tegas, amanah dan berwibawa yang berorientasi pada pelayanan publik yang prima berbasis teknologi komunikasi dan informasi serta penguatan kemitraan Pemerintah dengan Dunia Usaha dan Masyarakat
  3. meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur Dasar dan Optimalisasi Pengelolaan dan Kemanfaatan SDA dan Upaya peningkatan pendapatan masyarakat
  4. mewujudkan Kabupaten Bengkayang sebagai Kabupaten Maju dalam Bidang Pertanian, Perkebunan, Perikanan, Peternakan, Perdagangan, Jasa dan Pariwisata
  5. Mewujudkan Kabupaten Bengkayang menjadi Smart Desa Tahun 2021-2025 dan Kabupaten Bengkayang Lestari

“Yang perlu ditekankan adalah konsistensi antara Perencanaan dan Pelaksanaan nantinya, serta keterpaduan data base yang tepat dan akurat” ungkap Pj. Bupati Bengkayang. (admin/itsnty).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *