Skip to content Skip to left sidebar Skip to footer

Pada hari Kamis, Tanggal 28 Juli 2022 dilaksanakan Eksposes Laporan Pendahuluan Dampak Sosial Ekonomi Usaha Perkebunan Sawit di Kabupaten Bengkayang bertempat diRuang Rapat Bappeda Kabupaten Bengkayang. Hadir dalam rapat : Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan, Kepala Bappeda Kabupaten Bengkayang, Tim Penyusun Penelitian Dampak Sosial Ekonomi Kegiatan Usaha Perkebunan Sawit di Kabupaten Bengkayang yaitu LPKM UNTAN, Kabid Perencanaan Pengendalian dna Litbang, Kabid PSDA, dan Kabid PPM beserta Fungsional Perencana di Lingkungan Bappeda Kabupaten Bengkayang. (28/07/2022).

Kepala Bappeda Kabupaten Bengkayang  UCOK.P.HASUGIAN,S.STP.,M.Si menyampaikan “memperhatikan Kabupaten Bengkayang merupakan salah satu yang mempunyai lahan perkebunan sawit yang cukup besar di Provinsi Kalimantan Barat, dan merupakan primadona di kalangan masyarakat dimana harga sawit itu sendiri pernah mencapai Rp. 3000an/Kg. Jadi diharapkan penelitian ini dapat memberi masukan dalam perencanaan di Kabupaten Bengkayang”

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari tim Penyusun Penelitian Dampak Sosial Ekonomi Kegiatan Usaha Perkebunan  Sawit di Kabupaten Bengkayang. “untuk penelitian ini tidak hanya kita kaji secara makro, khusus aspek ekonomi, akan ada pengambilan sampel di beberapa Kecamatan. Apakah aspek ekonomi mempengaruhi hampir 80% dari penghasilan, penyerapan tenaga kerja seberapa besar. Jadi akan kita peta kan bagaimana pengaruh daripada usaha perkebunan sawit ini.”

Kemudian terkait keseimbangan pada aspek sosial, perlu kita lakukan kajian lebih mendalam. Terkait hak-hak masyarakat. Tim Penyusun mengapresiasi bahwa sudah ada Perda Masyarakat Hukum Adat di Kabupaten Bengkayang terkait hak ulayat tanah adat. Kita akan lihat kembali perbandingan sejauh mana sebelum dan sesudah intervensi adanya kegiatan usaha perkebunan sawit di Kabupaten Bengkayang. Untuk aspek sosial akan berfokus pada dimensi Pendidikan, Kesehatan dan sosial. sehingga Degradasi pranata sosial diharapkan dapat berfungsi dengan baik. (admin/itsnty).

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *